Select Page

#IsiDenganKarya

Event Seru Saat Ini

Lomba Video Kreatif  [Closed]

Sobat Cegah hobi buat video atau punya ide kreatif untuk video ?
Jangan disimpen aja ? Yuk ikutan lomba ini

“Ini Cerita Tentang Aku”

REAN (Rumah Edukasi Anti Narkoba) mengajak generasi milenial dan generasi Z dalam berkarya yang bersih dari Narkotika. REAN.ID merupakan media informasi, edukasi dan sumber informasi dan edukasi yang dikemas dalam bentuk muda inovasi dengan tujuan sebagai jejaring belajar, berbagi cerita dan inspirasi dalam mengekspresikan karya, menggali potensi dan membangun kepercayaan diri guna memperkuat citra remaja yang gemar mencoba hal baru, Yang mana Informasi dan edukasi ini difokuskan dalam pembuatan konten yang berliterasi di bidang pencegahan narkoba.

 Artikel

LIHAT SEMUA >

Dapatkah Puasa Memulihkan Pecandu Narkoba?

Oleh : BNN Kabupaten Kuningan

Puasa di bulan ramadhan merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan kepada kita sebagai umat islam. Puasa selain berpahala untuk kehidupan akhirat nyatanya memiliki manfaat juga untuk kesehatan fisik kita. Manfaat-manfaat tersebut antara lain : Meningkatkan fungsi otak, Menghilangkan kebiasaan buruk, Menurunkan kolesterol, Detoksifikasi, dan tubuh dapat menyerap nutrisi lebih baik. Dari berbagai manfaat fisik karena puasa adakah yang bisa membantu memulihkan pecandu narkoba?

Berdasarkan penelitian yang diungkapkan oleh National Health Service Amerika Serikat mengatakan bahwa kebiasaan berpuasa dapat menghentikan kecanduan rokok. Bila bisa berpengaruh pada kebiasaan buruk merokok, terdapat kemungkinan dapat berfungsi pada pemulihan pecandu narkoba. Hal ini dibuktikan di dalam penelitian Ulfa 2019 yang berjudul “Signifikansi Pengobatan Puasa Pada Pecandu Napza di Pondok Pesantren Istigfar Tombo Ati Semarang”, menyatakan bahwa pecandu dapat pulih melalui metode puasa.

Dari hasil penelitian terhadap lima orang pecandu narkoba, mereka yang menggunakan metode puasa ini mengalami kemajuan signifikan. Indikator perbedaan tersebut berdasarkan pada kurun waktu penyembuhannya, tingkat kecanduan, dan tingkat niat kesembuhan. Berdasarkan treatment yang telah di lakukan ini, maka puasa memiliki pengaruh terhadap pecandu NAPZA yaitu puasa dapat menimalisir ketergantungan terhadap zat yang memabukkan yang dapat menjadi sarang penyakit.

Dengan cara mengonsumsi komponen-komponen alami yang bisa di produksi oleh otak melalui puasa. Puasa yang dilakukan dengan ikhlas, zat- zat yang bersifat membuat kecanduan akan dapat berkurang dan berangsur-angsur hilang. Sehingga peredaran darah menjadi normal, selain membersihkan racun-racun dalam tubuh, puasa juga mempercepat generasi sel dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Penelitian sejenis juga telah dilakukan dalam penelitian yang berjudul “Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkoba melalui Terapi Religius di Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Inabah XIV Garut Aji” tahun 2017 oleh Khojinatul Asror dkk. Serta oleh Wivy Hikmatullah dengan judul “Metode Rehabilitasi Pecandu Narkoba Dengan Terapi Spiritual” pada tahun 2017 yang menghasilkan kesimpulan sejenis bahwa metode relijius puasa dapat memulihkan pecandu narkoba.

KUMPUL BARENG BERMANFAAT UNTUK JAUHI NARKOBA

Kumpul Bareng merupakan salah satu hal yang sanggat banyak di nanti nanti oleh para pemuda, Kumpul bareng merupakan salah satu manfaat untuk memberikan wawasan baru dan juga wawasan yang kritis untuk dibagi bersama. tapi kumpul bareng juga dapat bersifat negatif jika salah pergaulan loh. Kumpul bareng biasanya dimaknai oleh banyak Generasi Z anak anak lahir ditahun 2000 an menjadi salah satu hal yang sanggat sanggat outentik karena teknologi membuat mereka terkekang untuk bercerita secara langsung apalagi dengan adanya teknologi yang cepat menyambar kegiatan yang ada didunia dengan sekali tekan maka akan bermunculan. ada beberapa hal yang dilakukan oleh Kaum Milenial ketika Kumpul Bareng diantaranya

1.Kumpul Ngopi

Kumpul Ngopi biasanya banyak dilakukan oleh kaum kaum muda biasanya mendatangi beberapa cafe, kumpul ngopi ini biasanya membahas beberapa hal yang menarik dan juga santai biasanya buat merefresh kegiatan yang hari itu dilakukan dengan berat bisa karena pekerjaan yang hari itu membuat capek, beban pikiran karena tugas kuliah,beban pikiran tugas kantor atau beban pikiran karena susah mencari kerja, ketika kumpul biasanya mereka akan bercerita tentang hal hal yang menarik sehingga dapat membuat kembali fresh pikiran

2.Kumpul Rapat

Kumpul rapat ini biasanya dilakukan oleh  kaum muda yang ikut organisasi didaerahnya, kumpul rapat ini biasanya membahas beberapa program studi dan juga keluh kesah dalam berkuliah, bertukar pikiran dalam mengerjakan tugas dan juga dosen dosen yang mereka anggap galak. Kumpul rapat juga menjadi salah satu opsi untuk memperkaya literasi karena pembawaanya memakai retorika yang dapat dipelajari didalam beberapa anggota sehingga dapat menambah wawasan dalam memanajemen konflik yang ada di organisasi karena banyak melakukan interaksi dan juga komunikasi

3.Kumpul Komunitas

Kumpul Komunitas biasanya dilakukan oleh pemuda pemuda yang mempunyai komunitas tertentu dan mempunyai beberapa pencapaian biasanya seperti komunitas gamer game PUBG atau Mobile Legend yang sekarang lagi Trend, Push Rank Sampai Qongqueror dan sampai Mytich merupakan Tujuan mereka dalam berkumpul biasanya mereka lebih senang menghabiskan uang untuk top up diamond  dan hal inilah dampak negatif dari kumpul komunitas game.

4. Kumpul Eskul Sekolah

Yang paling banget bermanfaat untuk ngindari NAPZA adalah kumpul eskul sekolah yang dimana banyak bangget diminatin oleh pemuda yang masih menginjak umur umur di SMA yang sanggat rawan banget kena NAPZA, Kumpul Eskul Sekolah biasanya memberikan gambaran tentang kegiatan mereka Eskul yang dapat  di ikutin bagusnya adalah seperti Pramuka,Paskibra,PMR,Basket dan lain lain yang dimana banyakin kringet kalo udah banyak kringet biasanya badan jadi sehat dan ngak mempan NAPZA buat masuk didalamnya juga ada pendidikan tambahan yang bisa buat nguatin iman dan juga jauh dari NAPZA

Sobat Sehat 100# persen Kumpul bareng itu sanggat perlu untuk memperluas pikiran dan lainya tetapi masih dalam hal positif ya yang author sebutkan diatas karena kalo selain itu jangan banyak  keluar karena masih pandemi covid 19 kalo mau kumpul maskernya dipakek ya sama jaga selalu kebersihan See You Good bye Alexis pamit undur diri

Jadi Pribadi yang Tangguh Menolak Penyalahgunaan Narkoba

Masalah penyalahgunaan narkoba kian merebak, generasi mudah semakin banyak terjerumus dalam limbah hitam penyalahgunaan narkoba. Hal ini mengancam masa depan dan cita-cita dari generasi penerus bangsa ini.

Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba seseorang harus memiliki ketahanan diri yang kuat dari pengaruh lingkungan untuk menggunakan narkoba.

Nah bagaimana caranya membentuk ketahanan diri yang kuat, berikut ulasan dari pakar psikologi yang disadur dari okezone.com

A Kasandara Putranto, Psikolog dari Ikatan Pskiologi Klinis dan Asosiasi Psikologi Forensik memgatakan keluarga menjadi titik utama untuk mempersiapkan setiap individu sebelum akhirnya menjadi bagian dari anggota masyarakat dan berinteraksi dengan lingkungan.

“Setiap individu merupakan produk dari keluarga. Ibarat keong, cangkang adalah rumah yang akan selalu dibawa-bawa, sementara manusia tidak. Kalau keluar dari rumah tidak dalam kondisi siap dan tangguh untuk menghadapi dunia, itu akan menjadi masalah,” ujar Kasandra.

Menurut Kasandra, persiapan yang harus dilakukan oleh orangtua bukan sekadar mempersiapkan fisik tapi juga intelektual, emosi, sosial, dan yang paling penting spritual. “Kemudian masuk ke sekolah akan memperkuat semua itu. Problemnya, sering kali sekolah hanya berfokus pada akademis dan melupakan aspek sosial, emosi, maupun spritual. Apalagi jika dari rumah sudah bermasalah, sekolah tidak akan mampu mengatasinya,” tuturnya.

Masuk ke dunia sosial, lanjutnya, individu akan bertemu dengan teman, masyarakat, dan media. Jika dari awal memang tidak tangguh, dengan sendirinya anak tersebut bisa terbawa mengikuti pergaulan yang negatif.

“Mereka yang akhirnya terjerumus narkoba itu mereka yang tidak punya konsep diri, figur yang bingung. Masa remaja adalah waktu untuk membentuk konsep diri dan identitas. Orangtua tidak mau disalahkan sementara si anak dalam kondisi tidak matang dan emosi tidak stabil,” papar Kasandra.

Kasandra menyebut, masalah adiksi adalah masalah sosial yang berkombinasi dengan masalah individual. Tidak hanya itu, situasi dan kondisi hukum di Indonesia juga menjadi salah satu alasan permasalahan narkoba tetap terjadi di Indonesia. “Sehingga mau menyalahkan anak-anak sepenuhnya tidak bisa, karena akses untuk mendapatkan narkoba saat ini pun mudah. Dalam jarak 1 kilometer (km) ada yang jual,” imbuhnya.

Meski demikian, lanjutnya, kita harus jeli melihat apakah anak tersebut menggunakan narkoba secara sukarela atau terpaksa. “Ada yang memang sukarela menggunakan narkoba, tapi ada pula yang dipaksa atau dicekoki narkoba tanpa sepengetahuan dia. Narkoba itu bersifat adiktif, jadi sekali masuk ke tubuh akan menimbulkan ketagihan, tutupnya.

Manfaat Menonton Film Komedi yang Bisa Bikin Stres Berkurang

Sobat cegah, film komedi apa yang terakhir kali kamu tonton? Tahu nggak sobat cegah? Genre komedi menjadi salah satu genre yang memiliki banyak peminat juga manfaat lho. Genre tersebut memberikan manfaat yang baik, yakni sebagai penghilang stres. Banyak film yang mengandung unsur komedi menarik. Selain sebagai penghilang stres, berikut ini manfaat lainnya dari menonton film komedi:

1. Mengurangi Kecemasan
Manfaat menonton film dengan genre komedi adalah mengurangi kecemasan. Pasalnya, melalui tawa pikiran akan lebih rileks. Alhasil secara tidak langsung akan mengurangi kecemasan. Kalau kamu sedang merasa cemas bisa menjadikan ini sebagai solusi alternatif. Selain itu, seseorang yang mempunyai rasa humor tinggi, tingkat kecemasan yang dirasakan akan semakin rendah .

2. Mengurangi Tekanan Darah
Dilansir dari halodoc.com, manfaat dari menonton genre komedi adalah bisa mengurangi tekanan darah. Kamu bisa melakukan terapi atau kelas tertawa agar bisa mudah tertawa saat sedang stres. Tujuan dari sesi terapi tersebut adalah untuk merangsang tawa agar menyenangkan dan melatih napas. Terapi tawa dilakukan dengan cara kontak mata dan latihan pernapasan. Kamu bisa menjalaninya selama minimal 3 bulan. Setelah itu, tekanan darah akan mengalami penurunan 5-7 mmHg. Hal ini tentunya lebih banyak dibandingkan dengan terapi musik yang hanya menurunkan 6 mmHg saja. Dengan sering menonton film komedi, kamu bisa menjalankan terapi tawa tersebut.

3. Mengurangi Rasa Nyeri
Siapa sangka, ternyata tertawa bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa nyeri. Di Prancis pada abad ke-14, pernah ada ahli yang menggunakan humor untuk mengalihkan pasien dari rasa sakit. Hal ini membuktikan bahwa pasien tersebut hanya membutuhkan sedikit obat penenang dibandingkan dari pasien yang tidak menonton komedi. Selain itu, kebiasaan menonton film komedi bisa membantu menurunkan kadar kalori dan hormon stres.

Jadi sobat cegah, sesekali cobalah untuk menikmati hidup dengan nonton film komedi. Nggak hanya stres saja yang hilang, tapi kamu akan merasa lebih hidup lho!

Gak Perlu Memaksa Bahagia, Ini Alasan Kamu Perlu Menikmati Kekecewaan

Kamu sering memaksa diri untuk tetap bahagia meskipun hatimu sedang tidak baik-baik saja? Percayalah bahwa hal tersebut sebenarnya gak boleh dilakukan karena hanya akan berdampak buruk bagi ketenangan hatimu. Ketika kekecewaan menguasai hati, cobalah untuk menikmatinya.

Percayalah bahwa hal tersebut pasti akan membuatmu menjadi lebih tenang. Ada beberapa alasan masuk akal yang bisa menyadarkanmu bahwa sejatinya menikmati kesedihan itu diperlukan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Yuk kita bahas!

1. Ingatlah bahwa kamu memiliki kapasitas hati yang terbatas

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki kapasitas hati yang terbatas. Dengan adanya hal tersebut, kamu gak boleh memaksa diri untuk tetap bahagia meskipun ada kekecewaan yang cukup mendalam. Coba rasakan bagaimana kekecewaan itu membuatmu menjadi sakit agar kamu paham seberapa batas kekuatan hatimu.

2. Terkadang kamu perlu menerima kekecewaan untuk ketenangan batin

Menerima kegagalan meskipun dengan rasa kecewa akan dapat menenangkan batinmu. Hal itu karena kamu tidak akan menolak sesuatu yang sebenarnya tidak menjadi hakmu. Kamu akan terbiasa menerima apapun hal dengan lapang dada. Dengan adanya hal tersebut, batin yang tenang pasti akan menyelimuti dirimu. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk terbiasa menerima kekecewaan tanpa memaksa diri agar tetap bahagia.

3. Tidak semua masalah itu harus dihadapi dengan senyuman

Percayalah bahwa tidak semua masalah itu bisa kamu hadapi dengan senyuman. Terkadang kamu harus mau merasakan rasa sakit karena hal tersebut akan menyadarkanmu. Ketika rasa sakit itu muncul, kamu akan paham bagaimana titik terlemahmu. Kamu pasti akan terus menggali terkait solusi yang bisa ditawarkan untuk menutupi kekurangan tersebut. Maka dari itu cobalah untuk tidak memaksa tetap bahagia meskipun kekecewaan menyelimuti diri.

4. Dengan meratapi kesedihan akan membuat dirimu menjadi lebih baik

Percayalah bahwa meratapi kesedihan akan membuatmu bisa memanajemen kekecewaan dengan baik. Hal itu karena kamu sudah terbiasa menghadapi berbagai macam situasi sulit sehingga paham untuk mengatasinya. Kamu juga akan menjadi orang yang bijaksana karena tidak gegabah dalam mengambil keputusan demi ketenangan batin.

5. Terlalu memaksa bahagia hanya akan membuatmu membohongi diri sendiri

Pura-pura bahagia akan membuat dirimu menjadi semakin kacau. Sebelumnya ‘kan sudah disebutkan bahwa setiap orang perlu menerima terkait kegagalan yang mereka dapatkan. Bersedih dan kecewa terhadap hal tersebut adalah seribu kali lebih baik. Untuk apa membohongi dirimu sendiri jika hal tersebut malah akan menjadi bumerang nantinya? Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk tetap jujur terhadap diri sendiri meskipun situasi sedang sulit.

Itulah alasan mengapa kamu perlu menikmati kesedihan dan kekecewaan. Meskipun kedengarannya cukup aneh, namun percayalah bahwa hal tersebut akan membuatmu menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Mengenal 6 Jenis Vaksin Covid-19 yang Ditetapkan Pemerintah

Vaksinasi adalah bagian dari penanganan COVID-19 di Indonesia, selain 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Kementerian Kesehatan, melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI No. HK.01.07/MENKES/9860/2020, telah menetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Keenam vaksin itu merupakan produksi dari PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer Inc. – BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.

Dilansir dari halodoc.com, berikut 6 jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia:

1. Vaksin Merah Putih (PT. Bio Farma)
PT. Bio Farma mengembangkan vaksin corona yang diberi nama Vaksin Merah Putih. Targetnya, vaksin ini akan rampung pada 2021 dan didistribusikan pada awal 2022, setelah vaksin melalui seluruh tahap uji klinis fase I-III. Sejauh ini, Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh sejumlah universitas dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Pemerintah juga terus mengawal dan mendukung proses pengembangan vaksin. Adapun bibit Vaksin Merah Putih diharapkan sudah dapat diserahkan kepada PT. Bio Farma pada 2021, lalu uji klinis akan dilakukan.

2. Vaksin Astrazeneca
Kandidat vaksin selanjutnya adalah yang dibuat oleh perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca. Adapun jenis vaksin yang dikabarkan akan digunakan oleh Indonesia adalah AZD1222. Uji coba yang dilakukan sejauh ini menunjukkan vaksin corona AstraZeneca memiliki keefektifan yang cukup tinggi. Saat ini, uji coba vaksin terhadap 20.000 sukarelawan masih terus berlanjut. Salah satu keunggulan vaksin AstraZeneca adalah vaksin ini dianggap mudah didistribusikan karena tidak perlu disimpan pada suhu yang sangat dingin.

3. Vaksin Sinopharm
Vaksin buatan China National Pharmaceutical Group Corporation ini masih dalam tahap akhir uji coba. Namun, di China, kurang lebih satu juta orang telah disuntik menggunakan vaksin ini dengan izin penggunaan darurat. Sebelum vaksin corona Sinopharm terbukti berhasil seluruhnya, vaksin hanya digunakan pada pejabat China, pelajar, dan pekerja yang akan bepergian. Pada September 2020 lalu, Uni Emirat Arab menjadi negara pertama di luar China yang menyetujui penggunaan vaksin ini.

4. Vaksin Moderna
Vaksin corona buatan Moderna diklaim memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen. Pada November lalu, Moderna mengaku mengajukan izin penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 pada regulator Amerika Serikat dan Eropa. Mereka meyakini vaksin buatannya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk penggunaan darurat.

5. Vaksin Pfizer Inc dan BioNTech
Pfizer dan BioNTech yang juga memproduksi vaksin corona telah mengajukan penggunaan darurat vaksin yang diproduksinya ke BPOM Amerika Serikat dan Eropa. Pada uji coba terakhir 18 November 2020 lalu, mereka mengklaim vaksinnya memiliki efektivitas 95 persen untuk menangkal virus corona dan tidak menimbulkan risiko efek samping yang berarti.

6. Vaksin Sinovac
Vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd. yang diberi nama CoronaVac ini sudah memasuki uji coba tahap akhir. Sinovac juga melakukan uji coba terhadap vaksin buatannya di Brasil, Indonesia, hingga Bangladesh. Hasil awal pada monyet menunjukkan vaksin menghasilkan antibodi yang bisa menetralkan 10 galur Sars-coV-2.

Dari keenam vaksin tersebut, vaksin Sinovac yang telah digunakan pemerintah Indonesia. Gimana sobat cegah, siapkah kamu untuk divaksin?

Ingin melihat seluruh postingan ?

Klik disini ya 

Butuh bantuan?
Hubungi kami

10 + 3 =

Hubungi Kami

184

callcenter@bnn.go.id

JL.M.T. Haryono No. 11, Cawang,

Kramat Jati, Jakarta Timur 13630,

Indonesia

Copy link