Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari ada banyak ragamnya. Tapi berdeda dengan yang mempunyai segudang kesibukan hingga lupa untuk memikirkan asupan dan akhirnya tubuh tidak 100 persen saat menjalai aktivitas. Yuk mulai sekarang sadar kan kesehatan dengan mengkonsumsi makanan berikut :

Sayuran Hijau

Sayuran menjadi makanan yang harus dikonsumsi setiap hari, supaya tubuh menjadi sehat. Hal ini dikarenakan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat untuk diet tiap harinya. Tentunya sayuran hijau dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya.

Kacang-kacangan

Selain enak, kacang-kacangan juga cocok untuk camilan saat beraktivitas. Ternyata kacang mengandung banyak antioksidan, yang bisa membantu tubuh membersihkan diri dari kerusakan sel. Selain itu, kacang juga mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk kecerdasan.

Telur

Telur menjadi makanan yang bisa diolah jadi apa saja dan tetap bergizi, karena mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Jangan lupa, telur juga mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk tubuh. Makanan sehat ini juga menjadi sajian yang pas untuk diet.

Alpukat

Salah satu buah yang sangat disarankan dikonsumsi sehari-hari adalah alpukat. Selain menjadi sumber lemak yang baik, alpukat juga cocok digunakan sebagai makanan diet. Apalagi bagi yang suka buah, alpukat menjadi camilan yang menyenangkan.

Oat

Ternyata oat juga menjadi kategori makanan sehat yang harus disantap setiap harinya. Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, oat juga dapat menurunkan kolesterol karena kandungan serat sehatnya. Oat juga cocok untuk dikonsumsi dengan makanan apa saja.

Ikan

Pecinta seafood, harus bertahan karena ikan merupakan salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap harinya. Mulai dari omega 3, minyak ikan hingga nutrisi lainnya, dapat dirasakan manfaatnya ketika mengonsumsi ikan. Jangan lupa juga, ikan merupakan sumber baik untuk vitamin D yang dapat meningkatkan daya ingat.

Konsumsi makanan sehat sangat berkontribusi dalam membangun tubuh yang sehat 100 persen, bahkan lebih dari olahraga. Jadi, mulailah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Agar tidak bosan, konsumsilah makanan sehat dengan jenis yang berbeda setiap harinya atau kombinasikan macam-macam makanan tersebut agar nutrisi yang didapat juga lebih beragam.

Selain mengonsumsi makanan sehat, perlu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti memperbanyak konsumsi air putih, beristirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Jika perlu, berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan saran mengenai makanan sehat dan pola hidup yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Share via
Copy link