Banyak hal yang bisa dibicarakan jika topiknya adalah tentang kebahagiaan. Banyak pendapat yang akan muncul jika berbicara tentang kebahagiaan. Salah satunya adalah kaitan antara kebahagiaan dan keinginan yang terwujud.

Rasanya hampir setiap orang akan merasa bahagia 100 persen jika keinginannya terwujud atau terpenuhi. Namun, perlu disadari kalau ada 5 alasan penting kenapa kamu sebaiknya bahagia sebelum mendapatkan keinginanmu. Yuk simak!

1. Agar kamu tidak terlalu bergantung pada keinginan tersebut.

Ya, inilah alasan pertama kenapa kamu sebaiknya merasa bahagia sebelum mendapatkan keinginanmu. Terkadang, keinginan yang muncul malah membuat diri kita bergantung padanya. Mungkin tak akan menjadi masalah jika keinginan tersebut benar-benar terwujud.

Namun apa jadinya kalau yang terjadi adalah sebaiknya? Nah, inilah yang menjadi bahaya yang perlu diwaspadai. Terobsesi dengan keinginan sendiri malah akan memicu rasa frustrasi dan ketidaknyamanan, lho.

2. Agar tidak salah dalam mengartikan makna kebahagiaan yang sesungguhnya.

Jika konsep kebahagiaan yang selama ini kamu pegang adalah harus terpenuhinya keinginan untuk bisa bahagia, maka potensi kekecewaan akan semakin besar. Sebab, pada kenyataannya tidak semua hal atau keinginan bisa terjadi sesuai harapan, ‘kan?

Jadi, dengan merasa bahagia terlebih dahulu maka kamu tidak akan terjebak pada konsep kebahagiaan yang tidak tepat. Sebab, konsep kebahagiaan yang tidak tepat justru akan membuatmu semakin jauh dari makna kebahagiaan yang sesungguhnya.

3. Agar mampu mengendalikan diri jika keinginan telah terwujud.

Jika seandainya keinginanmu terwujud maka kamu pun telah siap dan mampu mengendalikan diri dengan baik. Sangat wajar jika merasa senang atas keinginan yang terwujud.

Tapi perlu diingat, sering kali keinginan yang terwujud datang bersama dengan tanggung jawab yang menyertainya. Artinya jika keinginan yang terwujud tidak dimanfaatkan dengan bijak, mungkin saja keinginan tersebut malah menjadi bumerang untuk diri sendiri.

4. Melatih diri agar mampu berbahagia dalam berbagai situasi dan kondisi.

Pentingnya untuk merasa bahagia sebelum mendapatkan keinginan, tentunya tidak lepas dari alasan penting ini. Ya, sesungguhnya kita sedang melatih diri untuk bisa berbahagia dalam berbagai situasi dan kondisi. Intinya nih, jika keinginan itu terwujud maka kita mampu mensyukurinya dan jika keinginan itu tidak terwujud maka kita mampu untuk mengikhlaskannya. Setuju?

5. Jika sudah bahagia, maka usaha yang dilakukan pun akan terasa lebih ringan.

Bukankah kita akan merasa lebih bersemangat jika menyertakan perasaan bahagia dalam usaha yang kita lakukan? Nah, perasaan bahagia tersebut yang membuat usaha kita untuk mewujudkan keinginan terasa lebih ringan. Oleh karena itu, berbahagia sebelum mendapatkan keinginan merupakan hal yang sangat penting.

Memang idealnya sebelum dan sesudah mendapatkan keinginan perlu disertai dengan rasa bahagia. Namun apapun hasilnya nanti, jangan ragu untuk berbahagia dengan perasaan tulus ya agar dapat yang 100 persen!. Semoga bermanfaat!

Share via
Copy link