Di zaman yang serba modern ini, pastinya akan semakin banyak barang dan keperluan lainnya yang menawarkan banyak pilihan untuk dibeli. Namun terkadang, banyak orang membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka atau hanya sekedar memuaskan keinginan sesaat. Seiring berjalannya waktu, barang yang sudah dibeli dan tidak terpakai itu hanya akan menjadi pajangan saja. Hal ini dikarenakan kamu tidak benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Jika sudah begitu, penting untuk kamu memulai gaya hidup yang minimalis. Menjalani gaya hidup minimalis ada dengan membeli dan memakai barang yang hanya dibutuhkan saja serta berusaha menahan keinginan untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan keperluan pribadi. Hidupmu juga akan lebih bahagia dan tidak mengalami penyesalan dikemudian harinya akibat menghabiskan waktu dan uang dengan barang yang tidak sesuai dengan keperluan. Nah berikut lima alasan mengapa kamu bisa bahagia dengan gaya hidup yang minimalis.

1. Hidup yang Sederhana

Menjalani hidup minimalis akan membiasakan dirimu menjadi pribadi yang sederhana dan lebih menghargai barang sesuai dengan nilai dan kualitasnya. Namun, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan untuk membeli barang yang kamu sukai. Jika kamu memang menyukai barang tersebut dan ingin membelinya, pastikan barang tersebut memang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Dengan membeli barang seperlunya, kamu juga tidak akan pusing untuk mengatur letak barang tersebut dan akan lebih mudah mengingat letak dari barang yang memang kamu perlukan. Hidupmu juga akan lebih simple dan ngga perlu ribet dalam melakukan apapun. 

2. Menghemat Pengeluaran yang Tidak Penting

Salah satu alasan mengapa kamu perlu menjalani gaya hidup minimalis adalah kamu bisa lebih menghemat pengeluaran yang tidak terlalu penting. Artinya kamu hanya menghabiskan waktu dan biaya pada barang yang memang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Setelah kamu berhasil menerapkan gaya hidup yang minimalis, kamu bisa memulai untuk menabung serta melakukan investasi sejak dini untuk masa depanmu nanti. Dengan begitu, waktu dan biaya yang kamu habiskan saat ini tidak terbuang percuma karena kamu masih menyempatkan diri untuk menabung.

3. Hidup Lebih Ringan dan Teratur

Pernahkah kamu merasa rumahmu begitu penuh dan sumpek? Jika memang iya, sudah saatnya kamu perlu membereskan barang-barangmu sendiri. Mulailah untuk menyingkirkan barang yang tidak bisa dipakai lagi. Kemudian kamu bisa sisakan barang yang memang kamu perlukan dan masih bisa digunakan setiap harinya. 

Barang yang sudah tidak kamu perlukan bisa kamu jual kembali atau kamu berikan kepada teman atau saudaramu yang lebih memerlukan barang tersebut. Dengan begitu, hidupmu akan lebih terasa ringan dan teratur. Sebab dari pengalaman tersebut bisa menjadi pembelajaran bahwa mempunyai barang yang sesuai kebutuhan atau prioritas lebih penting daripada mengoleksi barang yang nantinya hanya menjadi pajangan saja.

4. Pikiran Lebih Fokus pada Hal Penting

Gaya hidup minimalis juga menjadikan pikiranmu lebih fokus pada hal yang lebih penting atau yang menjadi prioritas hidupmu. Daripada menghabiskan waktu pada hal yang tidak penting, waktu serta biaya lebih bisa difokuskan pada kesehatan dan hal penting lainnya.

Gaya hidup minimalis juga memberikanmu kesempatan untuk bisa mengajarimu hidup sesuai dengan kebutuhan dan membeli barang seperlunya saja. Tentunya dengan harapan barang atau keperluan tersebut bisa awet atau bertahan lama untuk dipakai dan digunakan. 

5. Bebas Dari Rasa Iri

Alasan terakhir menjalani gaya hidup minimalis bisa bikin kamu bahagia adalah kamu bebas dari rasa iri dan membanding-bandingkan. Sebab jika kamu terus mengikuti tren atau kebiasaan orang lain yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu, hal itu hanya akan sia-sia dan merugikan dirimu sendiri. 

Dengan hidup minimalis, kamu akan lebih merasa nyaman dengan gaya hidupmu sendiri  yang memang sesuai dengan kebutuhan dan style kamu sendiri. Kamu bisa bebas memakai pakaian yang nyaman, bebas menyantap makanan kesukaanmu dan memakai kendaraan yang memang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa perlu mengikuti gaya hidup orang lain. 

Nah, sobat cegah .. sudah waktunya bahagia 100 persen! Yuuuk mulai hidup minimalis!

Share via
Copy link