Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat akan menggelar Bandung Drug Free Exhibition Day pada 19 Oktober 2019 nanti. Direncanakan ribuan anak muda turut serta memeriahkannya.

“Rencanya kalau tidak ada perubahan lagi akan dilaksanakan pada 19 Oktober 2019,” ujar Kasubdit Media Non Elektronik Direktorat Informasi dan Edukasi Deputi Bidang Pencegahan BNN RI, Deni Dharmapala melalui pesan singkat, Kamis (3/10/2019).

Deni mengatakan pada acara tersebut dimeriahkan juga oleh penampilan kaum milenial Kota Bandung dengan menyuguhkan beragam kreatifitas, diantaranya musik, mural, fotografi, dan artikel serta lainnya.

Selain itu, lanjut dia akan diluncurkan juga Rumah Edukasi Anti Narkoba yang merupakan model pendidikan anti narkoba untuk remaja dalam platform digital. Ini merupakan program prioritas nasional dari BNN RI tahun 2019.

“Bandung dipilih sebagai tempat launching karena merupakan kota dengan segudang anak muda yang kreatif. Ditambah lagi dukungan dari lingkungan khususnya pemerintah,” katanya.

“Sehingga tepat untuk launching disini dengan melibatkan anak-anak remaja dengan berbagai kreatifitas. Diharapkan acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Kepala BNN RI Komjen Heru Winarko,” tambah Deni.

Dia menyebutkan Rumah Edukasi Anti Narkoba merupakan media yang menampung kreatifitas remaja. Sehingga mereka disibukan dengan hal-hal yang positif dan terhindar dari Narkoba. Selain itu, ini juga sebagai role model atau contoh untuk kota lainnya.

“Tujuannya remaja bisa membuktikan punya cara agar bisa eksis dengan melalui bentuk-bentuk kreatifitas sesuai dengan keahliannya masing-masing. Dengan itu tidak ada niatan untuk bisa ikut-ikutan terlibat dengan bahaya narkoba,” terangnya.

Sementara itu, menurutnya platform digital dipilih lantaran saat ini semuanya serba digital. Bahkan kehidupan remaja saat ini tidak bisa dipisahkan dengan gawai atau gadget.

Selain itu, dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Mereka dapat berkontribusi langsung dengan menghadirkan sejumlah konten positif dan dampak pada pencegahan pemakaian Narkoba.

“Digital dipilih, era sekarang era digitalisasi kebutuhan informasi konten digital sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari apalagi generasi muda. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget,” pungkas Deni.

———
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul 2 Pekan Lagi, BNN Gelar Bandung Drug Free Exhibition Day, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/10/03/65775/bulan-depan-bnn-gelar-bandung-drug-free-exhibition-day

Penulis: Faqih Rohman Syafei
Editor : Rizma Riyandi

Share via
Copy link