Tidak ada salahnya memang untuk berteman dengan siapa saja, namun hatihati juga perlu. Jangan sampai cuma karena rasa solidaritas atas nama teman justru menjerumuskan kamu ke perangkap penyalahgunaan narkoba. Berani menolak dan bilang tidak sudah pasti lebih mudah ketimbang keluar dari jeratan narkoba karena sudah jadi pecandu. Nah, berikut ini cara jitu menolak ajakan teman untuk pakai narkoba.

Wajib berani!
Kamu harus berani untuk punya sikap, pendirian, atau prinsip menolak memakai narkoba. Kamu harus tetap teguh jika menghadapi teman, bahkan sahabat yang paling dekat sekali pun yang mengajak kamu untuk mencicipi narkoba. Di sinilah kamu butuh pertahanan yang kuat. Jangan mudah tergoda dengan iming-iming atau kata-kata cuma sekali, setia kawan, dan lainnya ya.

Kuatkan mental!
Walaupun hasutan untuk pakai narkoba tidak sekali dua kali datang, mental kamu harus tetap kuat untuk menolaknya. Kuatkan mental dan tekad kamu untuk menolak. Awalnya mungkin susah, tapi kalau kamu terus menguatkan mental dan tekad dijamin bisa, kok!

Ditinggal teman? Tidak masalah!
Kalau teman kamu mengancam bakal menjauhi atau meninggalkan kamu karena tidak mau ikut pakai narkoba, biarkan saja. Lebih baik kehilangan teman yang punya tabiat buruk, ketimbang kamu masuk dalam jerat narkoba. Kamu juga harus jadi refleksi, sebenarnya teman kamu itu sedang mencari teman atau korban? Teman yang baik sudah pasti tidak akan membawa ke arah yang negatif. Nah itulah beberapa cara jitu untuk menolak ajakan teman untuk memakai narkoba. Selamat mencoba dan ingat selalu jauhi narkoba apapun jenisnya! (A. Rakhmanto)

Share via
Copy link