Perubahan adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari di dunia ini, maka dari itu semakin berkembangnya dunia ini akan lebih baik jika kamu pun berkembang dan meningkatkan kualitas diri. Akan tetapi bagaimana jika kamu sudah berusaha keras akan tetapi tidak juga berkembang? Jika hal itu terjadi maka mungkin ada hal-hal yang menghambat perkembanganmu, dan kamu tidak menyadari hal itu.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa-apa saja yang kiranya bisa menjadi penghambatmu dalam berkembang, agar kamu sadar 100 persen untuk mengubahnya, yuk simak!

1. Adanya perasaan rendah diri

Hal pertama yaang konon bisa menghambat perkembangan dirimu ialah jika kamu memiliki perasaan rendah diri. Gak melulu dari luar, terhambatnya perkembangan seseorang juga bisa disebabkan oleh dirinya sendiri lho.

Maka dari itu sangat penting bagimu untuk menumbuhkan rasa percaya diri, serta menghargai diri sendiri supaya rasa rendah diri itu hilang. Soalnya sekeras apa pun usahamu untuk berkembang gak bakal berpengaruh kalau kamu menganggap rendah dirimu sendiri.

2. Lingkungan sosial dan pergaulan yang tidak sehat untukmu

Lalu hal lainnya yang juga dapat menjadi penghambat perkembangan dirimu ialah jika selama ini kamu terjebak di lingkungan sosial dan pergaulan yang tidak sehat. Mungkin kamu takut untuk sendirian kalau menjauhi orang-orang itu, akan tetapi percayalah bahwa sampai kapan pun kamu tidak akan berkembang kalau terus bersama mereka. Karena orang-orang toxic akan terus berpengaruh buruk untukmu.

3. Pasangan yang merasa berhak membatasi hidupmu atas nama cinta

Kemudian hal yang ketiga ialah pasangan posesif, yaitu pasangan yang merasa dirinya berhak membatasi hidupmu seperti keinginannya dengan menggunakan alasan atas nama cinta. Semua itu omong kosong, apa yang ia lakukan bukanlah bentuk dari cinta yang sebenarnya.

Karena cinta tidak akan menghambat seseorang untuk seseorang, malahan harusnya menjadi pendorong orang itu untuk menjadi lebih baik. Jadi kalau sudah mengetahuinya segeralah jauhi pasangan yang seperti itu ya, agar hidupmu yang stuck di situ-situ saja gara-gara dia.

4. Sifat plin-plan yang tidak bisa kamu atasi

Keempat, perkembangan dirimu juga bisa jadi terhambat karena kamu memiliki sifat plin-plan. Memiliki sifat ini sebenarnya tidak apa-apa asal kamu bisa mengendalikannya, akan tetapi kalau hidupmu bahkan jadi terpengaruh dan kerap menghambatmu mengambil keputusan baik untuk diri sendiri maka hal itu akan menghalangimu untuk berkembang. Kamu pun jadi kehilangan peluang dan kesempatan bagus jika terus dibiarkan.

5. Selalu mendahulukan orang lain dibanding diri sendiri

Lalu yang terakhir juga berasal dari dirimu sendiri, yaitu kepribadianmu yang selalu mendahulukan orang lain dibanding diri sendiri. Kamu mungkin melakukannya dengan tidak sadar dan atas kebaikanmu, akan tetapi hal itu tidak baik. Belum tentu orang lain akan memperlakukanmu seperti itu juga, apalagi kamu juga bisa tertinggal kalau terus menomor satukan orang.

Itulah tadi beberapa hal yang kiranya bisa menghambat perkembangan dirimu, jadi kalau sudah mengetahuinya segeralah jauhi dan atasi, ya.

Share via
Copy link