Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Kumpulan para Pemuda yang berasal dari labarbelakang suku, agama dan ras yang berbeda berikrar untuk Bersatu. Ikrar tersebut dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda ke 93 yang kita peringati pada tanggal 28 Oktober 2021 mengambil Tema “Bersatu, Bangkit Tumbuh”.

Tema tersebut  mengandung beberapa makna yakni Bersatu berarti spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Bangkit berarti pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 dan juga melawan penyalahgunaan narkoba yang mengancam masa depan serta Tumbuh berarti upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh BNN, Pemuda merupakan segmen yang paling rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Hal ini disebabkan karena sindikat narkoba sengaja pengincar pemuda sebagai pasar peredaran narkoba karena dianggap memiliki daya beli yang lebih baik. Selain itu pemuda juga menjadi sasaran peredaran narkoba sebagai upaya sindikat untuk melemahkan persatuan, kesatuan dan pertumbuhan Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar. Hal ini yang harus diwaspadai oleh elemen pemuda agar jangan sampai masuk dalam perangkap sindikat narkoba.

Pemuda harus mampu membentengi dirinya dari penyalahgunaan narkoba agar bisa memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan menuju Indonesia yang maju dan tangguh.

Saat ini banya sekali pemuda yang tertipu dengan barang haram tersebut. Dengan alasan gaya hidup dan mengikuti tren masa kini banyak pemuda yang kemudian terjerumus dalam lembah hitam penyalahgunaan narkoba. Masa depan mereka menjadi rusak dan banyak diantaranya yang meninggal dunia karena overdosis. Kondisi ini sangat menyedihkan karena disatu sisi bangsa Indonesia akan menghadapi bonus demografi dimana usia produktif akan mendominasi. Syarat utama dari bonus demografi adalah pemuda harus sehat secara jasmani dan rohani.

Banyak upaya yang dapat dilakukan seorang Pemuda untuk menghidari penyalahgunaan narkoba. Mulai dari aktivitas positif (menggeluti hobby tanpa narkoba), menjaga pergaulan yang sehat serta berpartisipasi dengan melaporkan transaksi narkoba di lingkungan sekitar kepada aparat penegak hukum.

Momentum Sumpah Pemuda ke 93 ini harus dimanfaatkan sebagai melecut semangat untuk bersatu, bangkit dan tumbuh untuk melawan penyalahgunaan narkoba.

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang 93.. Bersatu Bangkit dan Tumbuh Pemuda Indonesia..

Share via
Copy link