Setiap orang memiliki kebiasaan atas melakukan suatu hal, entah itu kebiasaan buruk atau baik. Perilaku yang dilakukan secara berulang cenderung akan sulit dilepaskan, terlebih lagi perilaku tersebut dilakukan secara tidak sadar. Supaya bisa hidup dengan produktif setiap harinya, kamu senantiasa harus mengurangi kebiasaan-kebiasaan negatif atau buruk yang bisa mengurangi produktivitasmu.

Ketahui dulu alasan dari kebiasaan tersebut bisa terjadi. Biasanya, ini menyangkut pola perilaku orang-orang di sekitar kamu atau hanya mengikuti emosi pribadi kamu sendiri. Misalnya, jika sedang marah, secara tidak sadar kamu selalu mengeluarkan sumpah serapah ke banyak orang. Atau berat badanmu terus menerus naik karena setiap malam selalu lapar dan memutuskan untuk makan mie instan.

Tentu saja, kedua contoh tersebut bukanlah kebiasaan yang baik. Dampak ke depannya bisa menjadi lebih buruk.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menghentikan dan mengatasinya? Apakah ada hal-hal tertentu yang bisa mengurangi kebiasaan buruk agar hidup jadi lebih produktif? Yuk simak tip berikut.

1.Rayakan Keberhasilan Kecil Kamu.

Menghilangkan sebuah kebiasaan tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Tergantung bagaimana kamu menanamkan gaya hidup yang baik di dalam hidup kamu. Beri reward pada diri kamu setiap kali kamu berhasil tidak mengulangi kebiasaan burukmu itu. Dengan melakukan hal ini, semangat kamu akan bertambah dan kamu akan termotivasi untuk lebih cepat menghilangkan kebiasaan burukmu.

2.Ubah Pola Pikir

Kesulitan dalam menghilangkan sebuah kebiasaan dikarenakan sulitnya mengubah gaya hidup dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi jika pemikiran kamu tentang menghentikan kebiasaan buruk terlalu dalam dan terfokus, sehingga kamu merasa terbebani dan membuatmu semakin depresi. Agar perubahan ini benar-benar terjadi, kamu harus mulai mengubah cara pandang atau pola pikir kamu pada sesuatu yang kamu hadapi sekarang. Di mana hal tersebut masih berkaitan dengan tujuan perubahan kamu.

3.Ingat Tujuan Hidup.

Salah satu tips yang paling efektif dan paling mudah dilakukan adalah selalu mengingat tujuan kamu hidup di dunia ini.

Gunakan kalender atau catatan kecil yang ditempel pada barang-barang (yang setiap saat kamu lewati) seperti kulkas, cermin, dan sebagainya.

4.Minta Bantuan Orang Terdekat.

Seberapa pun sulitnya menghilangkan kebiasaan buruk, itu akan menjadi lebih mudah bila kamu mendapat dukungan dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman, atau pasangan.

Katakan pada mereka bahwa kamu ingin sekali mengurangi kebiasaan negatif yang selama ini kamu jalani. Minta bantuan pada mereka untuk mewujudkannya. Tapi dengan satu syarat, kamu juga harus berusaha keras dan mendengarkan dukungan mereka.

5.Lakukan Bersamaan dengan Kebiasaan Baik.

Kebiasaan-kebiasaan kecil sering kali dilakukan tanpa sadar, seperti lupa mematikan kompor, lupa meletakkan kacamata, lupa menyisir setelah mandi, dan sebagainya. Tindakan-tindakan tersebut sulit untuk dicegah. Solusi terbaiknya adalah dengan menambahkan kebiasaan baru di atas kebiasaan lama tersebut.

6.Beri Perhatian Lebih.

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk yaitu memberi perhatian lebih terhadap diri sendiri. Dengan memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi pada diri sendiri, kamu akan cenderung lebih peka dengan pemicu-pemicu yang hadir membawa kebiasaan buruk itu.

Hargai setiap perjuangan yang dilakukan. Setelah berhasil mendapatkan progress, dalam artian kebiasaan buruk tersebut hilang perlahan-lahan, maka saatnya 100 persen untuk memberikan reward kepada diri sendiri agar lebih produktif.

Tak perlu menunggu terjadinya perubahan secara drastis. Walaupun sedikit, yang penting kebiasaan buruk itu mulai pudar, maka pujilah diri karna Kamu pantas mendapatkan penghargaan setelah berusaha keras.

Share via
Copy link