Tidak merisaukan masa depan bukan berarti kita tidak punya mimpi dan cita-cita. Terkadang kita terlalu merisaukan masa depan karena takut terjadi hal buruk atau segala mimpi-mimpi kita tidak bisa terwujud. Saking risaunya, hal ini justru membuatmu menjadi overthinking dan malah tidak fokus pada apa yang tengah kamu kerjakan saat ini. Biar gak overthinking dan sadar 100 persen!, coba renungkan lima hal ini, deh!

1. Kesalahan di masa lalu bisa menjadi pembelajaran berharga di masa sekarang dan masa depan

Bukti manusia tidak sempurna adalah kita tidak pernah luput dari kesalahan. Baik dengan orang lain maupun diri sendiri, jika sekarang kamu sudah menyadari dan berusaha untuk memperbaikinya artinya kamu sudah menjadi insan yang lebih baik. Karena masa lalu yang buruk, kamu jadi takut untuk melangkah ke depan karena tidak percaya diri, sudahlah itu hanya masa lalu. Masa depan masih bisa direncanakan mulai dari sekarang.

2. Fokus melakukan hal-hal yang baik saat ini juga

Gunakan kesempatan yang masih ada untuk belajar tentang banyak hal. Seperti halnya mengevaluasi kesalahan yang dulu dan memperbaikinya. Kamu juga bisa mengasah kemampuan baru atau menekuni bidang yang kamu kuasai. Apa yang kamu pelajari sekarang ini tidak akan sia-sia, dan akan bermanfaat di masa yang akan datang.

3. Apa yang akan datang di masa depan di luar kendali kita

Segala hal yang akan terjadi di masa depan tidak bisa kita lihat saat ini, karena itu di luar kendali kita. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, seperti halnya pandemi saat ini. Dulu kita berencana ingin berlibur ke luar negeri, namun karena pandemi kita tidak bisa mewujudkan hal itu.

4. Apa yang akan terjadi di masa depan memang tidak bisa kita kendalikan, tapi diri sendiri bisa

Jangan terlalu ambil pusing dan risau akan masa depan. Masa depan yang baik akan kita raih jika di hari ini kita sudah memiliki bekal yang cukup dan memberikan yang terbaik untuk sekarang. Jadi, fokus saja dengan diri sendiri, seperti memperbaiki diri dan berbuat baik ke orang lain.

5. Tuhan sudah mengatur segalanya

Saking terlalu pusing memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan, kita sampai lupa bahwa masa depan sudah direncanakan oleh Sang Pencipta. Tugas kita adalah tetap berjuang di hari ini demi masa depan yang lebih baik dan tetap berpikir positif.

Walaupun masa depan sudah diatur oleh Tuhan, namun tetaplah lakukan terbaik yang bisa kamu lakukan 100 persen yaa!, tetapi hasilnya tetap di tangan Tuhan. Semangat!

Share via
Copy link