Sobat cegah, film komedi apa yang terakhir kali kamu tonton? Tahu nggak sobat cegah? Genre komedi menjadi salah satu genre yang memiliki banyak peminat juga manfaat lho. Genre tersebut memberikan manfaat yang baik, yakni sebagai penghilang stres. Banyak film yang mengandung unsur komedi menarik. Selain sebagai penghilang stres, berikut ini manfaat lainnya dari menonton film komedi:

1. Mengurangi Kecemasan
Manfaat menonton film dengan genre komedi adalah mengurangi kecemasan. Pasalnya, melalui tawa pikiran akan lebih rileks. Alhasil secara tidak langsung akan mengurangi kecemasan. Kalau kamu sedang merasa cemas bisa menjadikan ini sebagai solusi alternatif. Selain itu, seseorang yang mempunyai rasa humor tinggi, tingkat kecemasan yang dirasakan akan semakin rendah .

2. Mengurangi Tekanan Darah
Dilansir dari halodoc.com, manfaat dari menonton genre komedi adalah bisa mengurangi tekanan darah. Kamu bisa melakukan terapi atau kelas tertawa agar bisa mudah tertawa saat sedang stres. Tujuan dari sesi terapi tersebut adalah untuk merangsang tawa agar menyenangkan dan melatih napas. Terapi tawa dilakukan dengan cara kontak mata dan latihan pernapasan. Kamu bisa menjalaninya selama minimal 3 bulan. Setelah itu, tekanan darah akan mengalami penurunan 5-7 mmHg. Hal ini tentunya lebih banyak dibandingkan dengan terapi musik yang hanya menurunkan 6 mmHg saja. Dengan sering menonton film komedi, kamu bisa menjalankan terapi tawa tersebut.

3. Mengurangi Rasa Nyeri
Siapa sangka, ternyata tertawa bisa membantu kamu untuk mengurangi rasa nyeri. Di Prancis pada abad ke-14, pernah ada ahli yang menggunakan humor untuk mengalihkan pasien dari rasa sakit. Hal ini membuktikan bahwa pasien tersebut hanya membutuhkan sedikit obat penenang dibandingkan dari pasien yang tidak menonton komedi. Selain itu, kebiasaan menonton film komedi bisa membantu menurunkan kadar kalori dan hormon stres.

Jadi sobat cegah, sesekali cobalah untuk menikmati hidup dengan nonton film komedi. Nggak hanya stres saja yang hilang, tapi kamu akan merasa lebih hidup lho!

Share via
Copy link