Ghosting merupakan sebuah situasi ketika seseorang memutuskan hubungan dengan menghentikan seluruh komunikasi secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan. Dia, orang yang selama ini jadi teman komunikasi melalui gadget, hingga terjalin hubungan yang nyaman, tiba-tiba menghilang seperti hantu. Istilah ghosting tidak hanya berlaku pada hubungan asmara saja, ghosting juga bisa dilakukan antara teman, partner bisnis, maupun rekan kerja. Lalu bagaimana menyikapinya?

Dilansir dari kompas.com, berikut langkah yang harus dilakukan dalam menyikapi ghosting:

1. Jangan Menghubunginya
Saat mendapat perlakuan ghosting, dorongan untuk menghubungi orang tersebut pasti ada. Tapi jangan lakukan hal tersebut. Tetap menghubunginya padahal sudah tahu tidak akan dibalas hanya akan menambah segalanya terasa lebih buruk. Sebaiknya berinteraksilah dengan orang lain yang mampu memberi dukungan. Lihat sekeliling, kita butuh support system.

2. Hindari Curhat di Media Sosial
Terkadang orang mencurahkan isi hatinya di media sosial. Tapi hindari mengungkapkan hal yang tidak menyenangkan seperti ghosting. Hal itu hanya akan membuatmu terlihat menyedihkan dan seolah mencari perhatian. Tindakan tersebut juga tidak membuat orang yang telah melakukan ghosting akan kembali. Ingat yah sobat cegah, anggap sosial media adalah papan billboard yang semua orang akan mampu melihatnya. Jadi, pikir lagi sebelum curhat ke media sosial.

3. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri
Ketika mendapat perlakuan ghosting, banyak orang yang bertanya-tanya, apakah ada yang salah dalam dirinya sehingga diperlakukan seperti itu. Tapi ingatlah, jangan menyalahkan diri sendiri karena kenyataannya tidak melakukan kesalahan apa pun. Kesalahan ada pada orang yang melakukan ghosting. Menyalahkan diri sendiri hanya untuk mereka yang tidak percaya diri.

4. Belajar dari Pengalaman
Kamu sudah tahu bahwa perlakuan ghosting rasanya tidak menyenangkan. Belajarlah dari pengalaman tersebut dan hindari melakukan ghosting kepada orang lain.

Nah sobat cegah, kamu pernah di-ghostingin atau justru kamu yang meng-ghostingin? Apapun itu, tetap jadi pribadi yang baik yah sobat cegah. Ingat, apa yang kita tanam itu pula yang akan kita tuai!

Share via
Copy link