Sobat cegah, hampir tujuh bulan dunia harus menghadapi covid-19. Musuh bersama yang terus mengintai di sekitar kita. Banyak dari kita kemudian mengalami dampaknya, ada yang pergi meninggalkan dunia, ada yang harus berpisah dengan keluarganya, ada yang harus menahan lapar karena usahanya gulung tikar ataupun kena PHK besar-besaran, ada pula yang harus tegar atas stigma dari berbagai sudut pandang.

Lalu kontribusi apa yang bisa kita berikan ditengah situasi seperti ini?

Jangan kecil hati ya sobat cegah .. banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satunya yaitu tetap pakai masker kemana dan dimanapun kita berada. Menggunakan masker akan membuat kita keren 100 persen, karena hal paling mendasar dari pencegahan penyebaran virus corona ini adalah dengan menggunakan masker.

Masker memiliki beragam jenis dan fungsi penggunaannya. Ada masker yang hanya bisa digunakan sekali pakai, namun ada pula yang bisa digunakan berulang-ulang. Yuk kenali berbagai masker dan fungsinya menurut WHO!

1. Masker Kain

Selain saling jaga jarak di tempat umum, warga yang beraktivitas di luar rumah disarankan juga untuk menggunakan masker kain. Masker kain melindungi penggunanya dari droplet, namun belum mampu melindungi kita dari partikel udara (airbone). Masker jenis ini memiliki efektifitas filtrasi pada 3 mikron 10% hingga 60%. Selain itu, masker ini bisa digunakan secara berulang, dengan syarat dicuci dulu.

2. Masker N-95

Masker N-95 merupakan salah satu pelindung atau penyaring partikel yang berbahaya bagi pemakainya. Namun, masker N95 hanya bisa berfungsi untuk kotoran dan debu saja, tidak untuk gas dan uap. Meski begitu, masker N-95 mampu melindungi penggunanya dari droplets, partikel airbone dan memiliki efektifitas 0,1 mikron 10 hingga 95%.

3. Masker Bedah

Masker yang satu ini adalah masker yang mudah ditemukan di toko atau apotek-apotek terdekat. Biasanya, masker bedah berwarna hijau atau biru. Masker bedah memiliki fungsi untuk menjaga pemakainya dari tetesan partikel besar atau percikan air dari mulut seseorang. Namun, belum mampu melindungi terhadap partikel airbone. Masker bedah memiliki efektifitas filtrasi 0,1 mikron 10 hingga 95%.

Jadi, sobat cegah .. apapun maskernya jangan lupa selalu dipakai saat kita keluar rumah ya! Kita juga bisa desain masker sendiri dan menjadikannya masker kain, masker yang ajan bikin kita keren 100 persen untuk peduli kesehatan diri dan patuh akan protokol kesehatan. Yuuuk .. pakai masker!

Share via
Copy link