Sobat cegah, hal pertama apa yang kamu lakukan ketika bangun tidur? Udara pagi yang masih segar dan bersih sangat baik untuk kesehatan kamu. Olahraga secara umum baik dilakukan kapan saja, tetapi olahraga ringan yang dilakukan di pagi hari akan memberikan kamu energi dan semangat tambahan untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah lho sobat cegah. Nah, olahraga ringan apa saja sih yang bisa dilakukan di pagi hari?

1. Stretching

Aktivitas fisik ini sangat mudah untuk dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh. Stretching atau peregangan biasanya dilakukan sebelum olahraga dan dilanjutkan dengan pemanasan. Otot-otot di tubuh akan menjadi elastis, dan dapat mengurangi risiko cedera. Selain itu, stretching juga berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

2. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan aktivitas murah dan mudah yang bisa kamu lakukan setiap hari. Berjalan kaki akan lebih menyehatkan jika dilakukan di pagi hari, karena tubuh akan mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik untuk kesehatan. Banyak manfaat yang akan kamu dapat dari berjalan kaki, seperti meningkatkan energi, memperbaiki postur, meningkatkan sistem imun, mengurangi stres.

3. Jogging

Jogging merupakan jenis olahraga kardio yang populer dilakukan oleh banyak orang. Olahraga kardio dapat meningkatkan kesehatan jantung jika rutin dilakukan. Jogging bisa dilakukan seorang diri atau bersama dengan teman-teman dan keluarga. Beberapa manfaat dari jogging seperti memperbaiki mood, membentuk otot tubuh, mengurangi stres, menyehatkan kulit, dan lain-lain.

4. Bersepeda

Dilansir dari popbela.com, bersepeda merupakan olahraga sekaligus kegiatan rekreasi. Dengan udara yang segar dan bersih di pagi hari, bersepeda menjadi lebih nyaman, selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan di sekitar. Banyak manfaat yang akan kamu peroleh dari bersepeda, di antaranya menyehatkan jantung, menambah kreativitas, mengurangi stres, dan juga meningkatkan sistem imun. Terlebih, bersepeda di masa kini sedang menjadi trend yang menambahkan keseruan dalam melakukan aktivitas satu ini.

5. Yoga

Yoga merupakan jenis aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan juga spritual sepanjang hari. Latihan yoga sebaiknya dilakukan di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong. Jika kamu tidak sempat melakukannya di pagi hari, yoga bisa dilakukan kapan saja tapi usahakan perut dalam kondisi kosong.

Jadi, sobat cegah .. walaupun magnet kasur terasa kencang untuk menarik diri kembali terlelap. Yuuuk .. lawan dengan berolahraga untuk hidup sehat 100 persen!

Share via
Copy link