Sobat cegah tentu sudah mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, dimana kita memerlukan orang lain untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Itu juga yang membuat kita tidak bisa hidup sendiri dan tidak memerlukan orang lain. Namun terkadang banyak hal yang membuat kita merasa sendirian dan kesepian.

Hal itu tentunya membuat rasa tidak enak sob, biasanya dalam fase itu kita memutuskan untuk bersedih dan mengurung diri dari lingkungan sosial dan orang lain. Padahal dalam keadaan itu tentu membutuhkan kehadiran orang lain disamping kita, baik itu hanya menemani maupun menjadi tempat kita untuk bercerita.

Beragam macam faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menyendiri dan mengurung diri dari lingkungan sekitar, seperti tidak mempunyai teman maupun tidak mempercayai orang lain karena pernah dikecewakan. Dengan permasalahan tersebut tentu kita sebagai makhluk sosial diharuskan bisa bersikap terbuka dan mampu dipercayai oleh orang lain. Tidak mau merugikan orang lain adalah langkah pemikiran pertama yang bisa dilakukan.

Dengan bercerita kepada orang lain setidaknya kita bisa melepaskan beban pikiran yang telah mengganggu selama ini. Mungkin permasalahan yang diceritakan tidak akan langsung selesai atau bahkan teman kita yang mendengar tidak bisa memberikan saran. Namun ketika mengetahui diri kita tidak sendiri dan masih ada yang peduli adalah hal yang sangat menenangkan.

Menjadi pendengar bukan hal yang mudah dan terkadang melelahkan. Tapi dengan menjadi pendengar yang baik kita bisa memperoleh manfaat yang banyak juga, baik itu mendapatkan cerita pengalaman yang baru dari teman, sudut pandang baru ketika melihat permasalahan hingga mengetahui bahwa kamu berguna bagi orang lain. Yuk jadi pendengar yang baik yak sob!

Share via
Copy link