Select Page

Postingan Compilation

Semua konten yang ada di REAN.id menjadi karya bersama dan menjadi kontribusi dalam kampanye Pencegahan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Konten REAN.id diharapkan mampu menjadi pioneer dalam semua kalangan pada umumnya dan remaja pada khususnya untuk memahami bahwa BERKARYA nggak perlu NGEDRUGS!

Semua Postingan

Bahaya insecurity bikin ga percaya diri!

Foto orang yang sedang insecure (Foto : Freepik.com)

 

Coba ngaku siapa disini sobat cegah yang sering insecure tentang dirinya? Kali ini pembahasannya dijamin bikin kita bisa melihat insecurity menjadi hal yang menarik bukannya dihindari sob. Melansir dari alodokter.com Insecure adalah perasaan cemas, ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa tidak aman. Akibatnya, orang yang insecure bisa saja merasa cemburu, selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya, atau bahkan membandingkan dirinya dengan orang lain.

Sebagai manusia tentu kita merupakan makhluk yang memiliki banyak kekurangan dan tak jarang kekurangan itu yang membuat kita insecure. Contoh yang banyak kita temui adalah perasaan orang-orang yang menganggap dirinya tidak “Good Looking” dan akhirnya tidak percaya diri untuk membangun pertemanan dengan orang lain maupun lawan jenis. Jika kita hanya melihat kekurangan dari segi penampilan tadi dan terlarut oleh rasa insecure tentunya banyak peluang kita lewatkan. Baik itu peluang untuk berkembang dengan memperbaiki diri, berkembang dari segi relasi hingga berkembang dari kelebihan yang kita miliki.

Percayalah setiap manusia memiliki kelebihan yang berbeda-beda, jika dari fisik mungkin kita tidak mendukung, namun dari segi sifat, sikap ataupun bakat kita mungkin bisa memiliki kelebihan. Mungkin kekurangan kita tidak bisa diubah dengan cara yang cepat dan instant atau bahkan tidak bisa diubah sama sekali, namun banyak hal lain sob yang bisa kita kembangkan untuk menjadi point tambahan yang bisa dilihat oleh orang lain.

Jadi fokus kembangin kelebihan yang sobat cegah miliki yaps! Jika tidak good looking setidaknya kita bisa menjadi orang yang good attitude, good mainset dan kerja keras agar bisa menjadi orang yang good rekening. Sangat boleh dan wajar mengalami insecure, tetapi terus berkembang menjadi manusia yang lebih baik akan menjadi kunci untuk percaya diri!

Sumber :

Alodokter.com

Pentingnya menjadi teman dan tempat cerita.

Sobat cegah tentu sudah mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, dimana kita memerlukan orang lain untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Itu juga yang membuat kita tidak bisa hidup sendiri dan tidak memerlukan orang lain. Namun terkadang banyak hal yang membuat kita merasa sendirian dan kesepian.

Hal itu tentunya membuat rasa tidak enak sob, biasanya dalam fase itu kita memutuskan untuk bersedih dan mengurung diri dari lingkungan sosial dan orang lain. Padahal dalam keadaan itu tentu membutuhkan kehadiran orang lain disamping kita, baik itu hanya menemani maupun menjadi tempat kita untuk bercerita.

Beragam macam faktor yang membuat seseorang memutuskan untuk menyendiri dan mengurung diri dari lingkungan sekitar, seperti tidak mempunyai teman maupun tidak mempercayai orang lain karena pernah dikecewakan. Dengan permasalahan tersebut tentu kita sebagai makhluk sosial diharuskan bisa bersikap terbuka dan mampu dipercayai oleh orang lain. Tidak mau merugikan orang lain adalah langkah pemikiran pertama yang bisa dilakukan.

Dengan bercerita kepada orang lain setidaknya kita bisa melepaskan beban pikiran yang telah mengganggu selama ini. Mungkin permasalahan yang diceritakan tidak akan langsung selesai atau bahkan teman kita yang mendengar tidak bisa memberikan saran. Namun ketika mengetahui diri kita tidak sendiri dan masih ada yang peduli adalah hal yang sangat menenangkan.

Menjadi pendengar bukan hal yang mudah dan terkadang melelahkan. Tapi dengan menjadi pendengar yang baik kita bisa memperoleh manfaat yang banyak juga, baik itu mendapatkan cerita pengalaman yang baru dari teman, sudut pandang baru ketika melihat permasalahan hingga mengetahui bahwa kamu berguna bagi orang lain. Yuk jadi pendengar yang baik yak sob!

Pentingnya Minum Air Putih

Sobat Cegah, siapa yang masih gasuka minum air putih ?

Air putih merupakan minuman yang sangat sehat dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita agar memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, karena 70% dari tubuh kita merupakan cairan, apabila kebutuhan air di dalam tubuh kita tidak terpenuhi, otomatis tubuh kita akan mengalami gangguan. Baik jangka panjang maupun jangka pendek. Air putih juga sangat bagus untuk kecantikan kuliat wajah.

Adapun manfaat air putih bagi kesehatan tubuh :

  • Meningkatkan metabolisme
  • Membantu menghilangkan racun didalam tubuh
  • Mencegah kenaikan berat badan
  • Meningkatkan elastisitas kulit
  • Membantu sistem pencernaan

Dan masih banyakk lagi manfaat dari minum air putih. Mulai sekarang ayo lakukan kebiasaan dengan minum air putih setiap hari agar terhindar dari dehidrasi pada tubuh, karena tubuh sangat membutuhkan cairan

Sumber :

Dinkes Serdang

Health Kompas

Jadi pahlawan dizaman sekarang yuk!

Kata pahlawan zaman sekarang sudah jarang digunakan ya sob, terkadang hanya kita dengar di hari-hari tertentu saja. Mulai dari Peringatan hari pahlawan pada tanggal 10 November ataupun pada hari guru ketika membuat kuotes guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sobat cegah harus tahu nih bahwa makna pahlawan ternyata sangat luas loh! Bukan hanya untuk orang yang berjuang di medan perang dan guru yang memberikan ilmunya untuk mencerdaskan anak bangsa ini, namun pahlawan bisa muncul dalam banyak hal di kehidupan ini.

Definisi pahlawan sendiri adalah orang yang mau berjuang dan memberikan pikiran, waktu bahkan nyawa untuk bisa melakukan hal yang baik bagi sesama maupun negara ini. Dengan pengertian itu tentu bisa ditarik dan dihubungkan dengan hal-hal yang kita lakukan pada keseharian kita. Salah satu tindakan yang nyata adalah bagaimana kita melawan kejahatan dan hal-hal berbahaya yang ada di lingkungan kita agar terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih. Salah satu isu yang besar adalah bagaimana maraknya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat dan bahkan pendidikan.

Dengan kita melawan permasalahan narkoba di lingkungan  masyarakat dan sekolah tentu kita bisa melakukan tindakan pahlawan yang berjuang demi kemajuan bangsa ini. Cara yang bisa kita pilih adalah dengan melakukan tindakan nyata secara vokal dan bergerak untuk mengubah lingkungan yang menjadi penyalah guna narkoba dan obat-obatan terlarang. Ketika kita menjadi sosok pengingat bahaya narkoba bagi sesama, kita juga menunjukan rasa perjuangan pahlawan dan kepedulian kepada orang-orang sekitar agar tidak terjebak kedalam bahaya narkoba yang sangat merusak. Jadi sobat cegah siap jadi pahlawan kan! Yuk kita saling mengingatkan dan menghindari penggunaan narkoba di lingkungan sekitar!

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Hai sobat cegah, apa kabar kalian? semoga baik-baik aja ya, dan tetap semangat. Kalian tau gasi? sekarang-sekarang ini kayanya emang lagi musim sakit ya, entah dari cuaca apa gimana. Sekeliling rumah, Teman, Saudara, semuanya juga merasakan sakit yang sama seperti Bapil, Tenggorokkan, Badan Pegal2, dan masih banyak lagi. Jadi dengan musim sakit kaya gini kita sebagai orang yang sehat jangan sampai perut kosong, kita harus tetap menjaga kesehatan, rajin olahraga,  konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan satu lagi rajin berjemur.

Dan kita juga mempraktikkan berbagai cara menjaga kesehatan di atas. Agar kesehatan tetap terpantau dengan baik, lakukan medical checkup secara berkala. Pemeriksaan ini memungkinkan Anda mengetahui sedini mungkin gangguan kesehatan atau penyakit yang mungkin diderita. Semakin dini penyakit terdeteksi, maka akan semakin cepat pula penanganan yang dapat dilakukan.

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari.

Suka dateng ke konser music? Harus baca ini!

(Foto : Freepik.com)

Masa muda memang adalah masa dimana kita sedang mencari kesenangan secara terus menerus. Salah satu sumber kesenangan yang tersedia adalah acara konser musik. Bagi anak muda tentunya datang dan bernyanyi pada saat konser musik adalah hal yang sangat membahagiakan, apalagi ditambah keseruan bersama teman yang menambah asik suasanya tersebut. Namun ada beberapa hal yang perlu sobat cegah perhatikan ketika ingin mendatangi konser musik, berikut diantaranya:

  • Kondisi badan yang sehat
  • Hafalkan lirik lagu artisnya
  • Jangan malu-malu
  • Membawa handuk kecil
  • Ketika cuaca mendung sedia jas ujan.

Penting sekali sobat cegah untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti handuk dan juga jas ujan demi kenyamanan pada saat menonton nantinya. Kemudian menghafalkan lagu dan jangan malu-malu untuk bernyanyi dan bergoyang membuat suasana konser bersama teman-teman menjadi lebih memorable. Menjaga kesehatan tubuh sebelum, pada saat dan setelah konser menjadi hal yang sangat penting untuk menikmati konser musik tersebut sepenuhnya. Jadi sobat cegah mau dateng ke konser musik mana aja nih? Ikut dong!

Sumber :

Ceknricek.com

Kumparan.com

Brilio.net

FESTIVAL PELAJAR NUSANTARA 2022 RESMI DITUTUP

Festival Pelajar Nusantara 2022 telah resmi di tutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Puncak acaran Kegiatan Festival Pelajar Nusantara ini di gelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).

Puncak penutupan Festival Pelajar Nusantara ini di hadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Prof. Dr. Zainudin Amali, M.Si, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT RI) Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Direktur Utama LPP RRI Dr. I Hendrasmo, MA, dan para Direksi RRI, Inspektur Utama Badan Narkotika Nasional (BNN RI) Drs. Wahyono, M.H., serta Direktur Informasi dan Edukasi Badan Narkotika Nasional (BNN RI) Drs. Iman Sumantri, M.Si.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Direktur Utama LPP RRI Dr. I Hendrasmo, MA, berpidato pada acara penutupan Festival Pelajar Nusantara 2022 di Stadion Manahan Solo, Senin (31/10/2022)

Direktur Utama LPP RRI Dr. I Hendrasmo, MA, menyampaikan Selamat Hari Sumpah Pemuda kepada pada pemuda pemudi Nusantara, pada kesempatan itu Direktur Utama LPP RRI Dr. I Hendrasmo, MA. berpesan agar pada momentum sumpah pemuda kali ini kita harus belajar dari sejarah bahwa perjuangan bangsa ini tidak bisa di capai dalam waktu yang singkat melainkan dalam waktu yang berabad-abad karenanya persatuan bangsa Indonesia harus secara aktif terus menerus di perjuangkan bukan sekadar diwarisi.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar para guru di Indonesia untuk mengajarkan murid-muridnya nilai-nilai Pancasila karena pasalnya, nilai-nilai Pancasila harus ditanam sejak dini.

“Pesan saya untuk para guru ajarkan anak-anak kita nilai-nilai Pancasila. Kedua hati-hati dengan narkoba, jangan sampai menggunakan narkoba karena itu akan mengganggu cita-citamu,” kata Ganjar saat menghadiri puncak Festival Pelajar Nusantara 2022, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).

Ganjar mengutip peryataan Bung Karno untuk mengejar cita-cita setinggi langit. “Kejarlah cita-citamu setinggi langit, kalau kejar cita-cita setinggi langit maka kalau jatuh di bintang-bintang,”

Dalam Festival Pelajar Nusantara 2022 juga mengkampanyekan bahaya penyalahgunaan narkoba, dimana penjajah tanpa wajah adalah narkoba yang dapat menghancurkan generasi bangsa ini. Generasi muda, khususnya pelajar adalah aset negara yang harus bersih dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Para pelajar sedini mungkin harus bersedia perang melawan narkoba dengan menciptakan karya dan kreativitas.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Sobat Cegah, banyak orang yang mengabaikan kesehatan mental lho, padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik!

Selain berperan besar dalam kehidupan, kesehatan mental juga sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dalam kelangsungan hidup.

Nah, mengenai pembahasan kesehatan mental, berikut ini adalah cara sederhana menjaga kesehatan mental yang dapat kamu coba lakukan. Seperti apa, yuk simak yah!

  • Konsumsi makanan sehat dan teratur
  • Istirahat yang cukup
  • Olahraga secara teratur
  • Terbuka pada seseorang
  • Pergi liburan

Itu dia cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu terapkan. Oleh karena itu, setelah kamu mengetahuinya, alangkah baiknya kamu lakukan sesegera mungkin yah..

Sumber;

  • klinikpintar.id
  • halodoc.com
  • alodokter.com

Bermain game ada manfaatnya loh!

Berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi dan informasi membuat banyak bermunculan inovasi-inovasi baru saat ini. Salah satu bidang yang berkembang dengan pesat adalah Game yang ada di smartphone. Hampir semua orang yang menggunakan smartphone memiliki game yang terinstall pada smartphone yang dimilikinya. Bagi para gamers memainkan game dari mana saja dan kapan saja membuat mereka senang, tapi tahukah sobat cegah bahwa bermain game memiliki manfaat? Berikut manfaat bermain game :

  • Bermain game membantu meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia.
  • Melatih kemampuan problem solving
  • Menambah relasi
  • Meningkatkankinerja dan kemampuan otak
  • Mengatasi stress

Walau terdapat beberapa manfaat yang baik seperti yang ada pada tulisan diatas, kita perlu memperhatikan banyak faktor juga ketika bermain game. Contohnya adalah ketika kita bermain game dalam waktu yang lama akan menyebabkan beberapa dampak negatif yang merugikan, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk smartphone yang kita gunakan. Untuk diri sendiri misalkan kesehatan mata yang bisa terganggu akibat terlalu lama melihat layar smartphone, sedangkan untuk smartphonenya sendiri ketahanan baterai bisa terus menurun akibat terlalu lama memainkan game. Jadi sobat cegah kita harus bijak juga yaps dalam menggunakan smarphone untuk memainkan game!

Sumber:

Kompas.com

Lifestyle.kontan.co.id

Cekaja.com

Manfaat Bunga Mawar

Bunga mawar biasanya menjadi simbol dari rasa cinta dan kehangatan. Seseorang yang memperoleh bunga mawar yang indah pasti akan merasa begitu hangat. Ketulusan yang diberikan seolah tergambarkan pada bunga berwarna merah yang harum.

Ternyata bunga mawar juga banyak dipakai di industri kecantikan. Minyak yang ada di dalam bunga mawar dapat membuat kulit tetap sehat dan glowing. Bukan itu saja, wangi dari bunga mawar yang eksotis juga banyak dipakai oleh perusahaan parfum di dunia. Bunga mawar juga dibuat minuman yang menyehatkan dengan aromanya yang khas. Contohnya, Teh Mawar.

Itulah manfaat dari bungan mawar yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Tuhan memang menciptakan sesuatu dengan manfaat, bukan dengan kesia-siaan.

Cara Agar Tetap Produktif Meski Hanya di Rumah

Sobat cegah, selama work from home dan belajar dirumah pasti sobat cegah merasa suntuk kan ?

Ada beberapa kegiatan yang buat sobat cegah tidak merasa suntuk ketika banyak waktu senggang dirumah loh! diantaranya:

  1. berolahraga, disamping mengisi waktu senggang, olahraga dirumah juga sangat bermanfaat loh
  2. mencoba berbagai resep makanan yang sehat
  3. membersihkan rumah, rumah yang bersih bisa membuat kita terasa nyaman dan sehat
  4. menyelesaikan pekerjaan kantor dan tugas sekolah

Nah itu dia cara sobat cegah agar tidak merasa suntuk lagi dirumah dan bisa dijadikan kebiasaan yang bagus juga loh

Kandungan Berbahaya di Dalam Perawatan Wajah

Sobat cegah, ternyata masih banyak loh kosmetik dan skincare yang mengandung bahan berbahaya tapi masih di perjual belikan.

Diantaranya mengandung merkuri. Merkuri sangat berbahaya jika dijadikan bahan untuk kosmetik dan skincare, terdapat banyak efek samping yang membahayakan, diantaranya :

  • kulit mengelupas
  • kulit menipis
  • ruam kulit
  • dermatitis
  • mati rasa dan kebas pada kaki,tangan dan sekitar mulut

Sobat cegah jika ingin membeli kosmetik atau skincare, pastikan dilihat komposisi dan sudah ber BPOM yaa. Jangan terkecoh dengan yang murah dan cepat terlihat hasilnya ya sobat cegah, karena untuk mendapatkan hasil yang baik pasti memerlukan proses

sumber :

> hellosehat

5 cara menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba

Sobat cegah, di musim pancaroba biasanya cepat sekali terkena penyakit karena perubahan iklim yang tidak menentu. Jika kita tidak menjaga kesehatan, maka kegiatan yang lainnya juga ikut berpengaruh. Berikut cara agar kita terhindar dari penyakit di musim pancaroba:

  1. Mengkonsumsi vitamin c yang cukup
  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  3. Mencuci tangan dengan sabun maupun handsanitizer baik sebelum makan dan sesudah makan.
  4. Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi 2x sehari
  5. Istirahat yang cukup

itu dia sobat cegah 5 cara agar kita terhindar dari sakit di musim pancaroba.

Jagalah kesehatan karna kesehatan itu sangat mahal

Dengerin Musik di pagi hari bisa bikin happy!

Setelah bangun tidur tentu kita akan mengalami fase kebingungan, dimana sobat cegah pasti merasakan juga kesulitan memilih untuk melakukan kegiatan apa terlebih dahulu ketika bangun tidur. Salah satu hal yang bisa dilakukan sobat cegah ketika memulai hari adalah mendengarkan musik. Tentunya mendengarkan musik menjadi hal yang mudah dilakukan dan memiliki beberapa manfaat, berikut manfaat mendengarkan musik di pagi hari :

  • Memberikan Suntikan Energi Baru di Pagi Hari
  • Musik Dapat Menjadi Sumber Inspirasi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menurunkan Tingkat atau Level Stress
  • Menjadi Teman yang Cocok untuk Berolahraga

Selain manfaat diatas, ketika kita mendengarkan musik di pagi hari aktivitas lain juga bisa dilakukan pada saat mendengar musik tersebut. Baik merapihkan tempat tidur, menyiapkan peralatan sekolah, hingga memasak di pagi hari. Menjadi hal yang menyenangkan bukan mendengarkan musik yang kita sukai dan mendapatkan banyak manfaat.

Sumber :

Manfaat.co.id

Kompas.com

republika.co.id

Resesi 2023 buat anak muda itu apa sih?

Pembicaraan kali ini lumayan berat sobat cegah mengenai resesi 2023 yang mungkin bagi anak muda akan berkata “Gak penting buat gw”, namun sebenarnya itu sangat berdampak. Resesi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan dimana perputaran ekonomi suatu negara berubah menjadi lambat atau buruk. Perlu disadari sobat cegah semenjak kita lari dari pandemic covid-19 permasalah lain juga sedang menunggu, salah satunya resesi ekonomi ini. Penyebabnya mungkin tidak hanya dari perputaran ekonomi dalam negri, tetapi akibat juga ekonomi global yang kurang baik. Hal ini bisa diakibatkan oleh perang yang terjadi di Rusia dan Ukraina yang mendorong harga minyak dunia naik dan banyak negara yang membatasi penggunaan minyak tersebut. Dapat kita lihat dimana sekarang kita telah mengalami kenaikan harga BBM yang tentunya berpengaruh kepada sektor ekonomi lainnya. Hal ini juga didorong dengan adanya pandemi kemarin yang membuat banyak sektor ekomoni turun secara drastis. Dengan adanya permasalah resesi ini akan timbul kesulitan perputaran uang di dunia, termasuk Indonesia. Banyak perusahaan yang melalukan efisiensi keuangan dan memutuskan untuk memecat banyak karyawan seperti yang sudah banyak diberitakan. Ketika banyak orang yang menjadi pengangguran maka semakin berkurang lagi minat beli masyarakat akibat tidak adanya pemasukan dari pekerjaan. Oleh sebab itu sebagai anak muda kita perlu melihat ini dengan cerdas, berikut adalah cara yang bisa dilakukan sebelum terjadinya resesi 2023 nanti :

  • Meminimalisir pengeluaran tidak penting
  • Cari penghasilan alternatif lainnya
  • Mempersiapkan dana darurat
  • Mulai Mempelajari Keahlian Baru
  • Memperluas koneksi

Mungkin bagi anak muda kesenangan merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan, tetapi ketika resesi terjadi tidak mungkin kesenangan akan terus berjalan apabila kita tidak punya uang. Oleh sebab itu membatasi pengeluran dan menabung untuk saat ini menjadi hal yang sangat penting. Walaupun tidak bisa bersenang-senang di saat resesi nanti, setidaknya kita tetap bisa bertahan hidup dengan cukup. Pentingnya menambah teman dan meningkatkan skill menjadi penting juga untuk bisa menambah pertahanan pada saat yang sulit nanti serta menjadi persiapan lebih untuk memulai perjalanan karir lagi ketika resesi mulai mereda nantinya. Memang sesuatu yang penting bikin pusing sobat cegah, tapi tetap semangat yaps! Jadikan resesi 2023 nanti peluang bagi anak muda untuk bersaing dan berkembang!

Sumber:

Cnbcindonesia.com

Bfi.co.id

Ekonomi.bisnis.com

5 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Cepat Naik

Sobat Cegah.. berat badan yang sering naik bukan hanya membuat penampilan tidak nyaman, melainkan bisa juga menjadi penyebab penyakit datang.

Untuk mengatasi masalah berat badan yang naik dengan cepat, kamu perlu mengetahui penyebabnya. Penyebab berat badan terus naik bukan hanya karena makan berlebihan, tapi ada beberapa kebiasaan lain.

Nah, apa saja kebiasaan itu? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa bikin berat badan cepat naik!

  • Makan terburu-buru
  • Kurangnya jam tidur
  • Kurang minum air putih
  • Malas bergerak atau mager
  • Jarang berolahraga

Itu dia Sobat Cegah, kebiasaan yang mungkin masih kamu lakukan saat ini yang menyebabkan berat badan cepat naik. Mulai sekarang, yuk kurangi kebiasaan di atas dan terapkan pola hidup sehat!

Sumber;

  • klikdokter.com
  • hellosehat.com
  • enervon.co.id

Manfaat Healing yang Baik untuk Kesehatan Mental

Sobat Cegah, arti Healing adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengurangi dan memulihkan tekanan psikologis individu. Proses pemulihan dari tekanan psikologis biasanya datang dalam bentuk pandangan positif dan realistis tentang diri sendiri. Penyembuhan ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang, tanpa memandang usia, pekerjaan, atau di mana pun ia tinggal.

Manfaat healing secara keseluruhan adalah mampu membuat keputusan yang lebih bijaksana tentang tindakannya dan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan apa pun. Dalam praktiknya, manfaat healing juga bergantung dari karakter seseorang tersebut. Untuk lebih jelasnya ada manfaat healing yang harus diketahui :

Hidup Jadi Lebih Bermakna : Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, proses healing menyiratkan pemulihan, bukan penyembuhan total 100%. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa orang yang pernah mengalami luka atau trauma emosional tidak sepenuhnya melupakan hal-hal buruk dan dapat berdamai dengannya.

Memiliki Karakter yang Lebih Dewasa : Misalnya putus cinta, ditinggal orang tersayang, atau peristiwa traumatis apapun yang kamu alami, jika kamu berhasil melewati pengalaman buruk itu, tentu saja itu membuat kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Buat Keputusan yang Lebih Bijaksana : Manfaat pertama yang didapat dari proses healing adalah dinilai lebih bijak dalam hidup, terutama dalam memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan. Setelah berusaha untuk pulih dari ketegangan mental ini, tentu kita merasa kosong.

Nah, itulah manfaat healing yang baik untuk kesehatan mental. Apakah kamu sudah tertarik menyempatkan diri untuk healing? Kamu bisa perhatikan kapan tanda mental kamu butuh healing. Jangan paksakan dirimu untuk baik-baik saja, padahal kamu butuh istirahat.

 

Sumber : kompasiana.com

doktersehat.com

 

Jerawat

Kenapa yah kita berjerawat?

Selama pubertas hampir semua remaja punya yang namanya jerawat. Itu loh… peradangan kronis dari kelenjar minyak, yang lokasinya bisa ada di wajah, leher, dada, punggung, dan lengan atas.

Sebenarnya munculnya jerawat ini sangat lazim di masa pubertas, karena adanya peningkatan hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Keadaan ini dapat menyumbat pori-pori sehingga terjadilah jerawat. Begitu sobat Cegah.

Bagaimana mengatasi jerawat di wajah? 

  • Selalu bersihkan kulit wajah
  • Bersihkan kulit wajah setelah berpergian dan sebelum tidur

Perlu ke dokter nggak sih?

Kalau jerawatmu terlihat meradang dan sangat mengganggu penampilanmu, maka sebaiknya perlu berobat ke dokter yah.

Begitulah kira-kira pembahasan tentang jerawat, Sobat Cegah!.

-Jaligazali

Kamu suka nonton olahraga tapi males olahraga? Baca ini!!!

Sobat cegah, ada gak sih yang suka nonton olahraga tapi gak sering olahraga?

Memang cara terbaik yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan olahraga, tapi buat sobat cegah yang hanya suka menonton olahraga tetap ada manfaatnya loh! Berikut beberapa manfaat menonton olahraga:

  • Belajar sportivitas
  • Belajar mengembangkan diri
  • Menambah kecerdasan
  • Mengurai Stres
  • Jadi termotivasi untuk bergerak

Tenang saja sobat cegah yang hanya suka nonton olahraga karena ternyata ada banyak juga yaps manfaat yang bisa didapatkan dari kita hanya menonton olahraga. Tapi alangkah baiknya jika motivasi untuk bergerak itu direalisasikan dengan cara berolahraga juga. Yuk sobat cegah mari kita hidup sehat!

Sumber ;

Altaschool.id

Kompas.com

Kumparan.com

Hubungi Kami

184

callcenter@bnn.go.id

JL.M.T. Haryono No. 11, Cawang,

Kramat Jati, Jakarta Timur 13630,

Indonesia

Copy link