Sobat cegah, kamu lagi mencoba hidup minimalis tapi masih takut enggak berhasil? Hmmm, Tenang! Tanpa dipungkiri, kita sedang hidup di zaman modern di mana hampir semua hal terbilang mahal. Rasanya susah, deh, menjaga hidup agar tetap sederhana dan enggak muluk-muluk. Mulai dari besarnya tekanan lifestyle yang mengharuskan kita agar tetap up to date, sampai rayuan teman-teman yang yang mungkin sudah lebih sukses. Apalagi, kalau kita aktif di sosial media. Duh duh .. butuh sesuatu untuk mengontrolnya, salah satu caranya dengan menerapkan hidup minimalis! Yuuk intip tips apa saja yang bisa diterapkan!

1. Niat yang kuat

Hal pertama dalam segala kegiatan maupun keputusan adalah NIAT. Niatkan diri untuk memulai dan mencoba hidup minimalis. Dengan niat yang kuat akan memudahkan proses permulaan.

2. Memfilter beragam benda

Menerapkan gaya hidup minimalis dengan menyingkirkan benda duplikat di rumah lebih mudah dibandingkan harus merelakan semua barang-barang di rumah. Coba deh, jalan-jalan di rumah dan lihat apakah kamu memiliki dua benda yang sama, apabila ada, pisahkan salah satunya. Masukan barang-barang duplikat tersebut ke dalam box dan tentukan mana saja yang harus sudah dibuang atau masih bisa kamu donasikan pada orang yang lebih membutuhkan. Kalau ragu dengan langkah ini, simpanlah dulu boks berisi barang duplikat maupun yang sudah tidak dibutuhkan di gudang selama 30 hari, apabila terbukti kamu tidak membutuhkannya, lebih baik didonasikan.

3. Ciptakan area anti berantakan

Hal berikutnya yang harus diikuti dalam tren hidup minimalis adalah dengan menciptakan area anti berantakan. Area ini bisa saja berupa furnitur, seperti meja rias yang rapi atau countertop dapur yang bersih. Gunakan area anti berantakan tersebut sebagai inspirasi kamu untuk hidup minimalis dengan sedikit barang. Kalau kamu merasa nyaman dengan zona anti berantakan tersebut, kembangkan area tersebut setiap harinya, dari hanya meja menjadi seluruh ruangan. Rasanya akan lebih luas dan tidak membuat napas sesak.

4. Bijak dalam berpakaian

Sobat cegah pernah mendengar Project 33 yang sempat booming beberapa tahun yang lalu? Kalau belum, proyek ini adalah kegiatan beberapa orang yang mencoba hanya menggunakan sebanyak 33 baju (termasuk celana, sepatu, dan perhiasan) dalam 3 bulan. Pada awalnya proyek ini memang menuai beberapa kritik karena terdengar terlalu ekstrem. Namun setelah dicoba, para sukarelawan merasa dapat menghargai hidup sederhana dan tak terbebani oleh hal-hal materialistik.

5. Bijak dalam memilih makanan

Apabila kamu pikirkan lagi, waktu yang kamu habiskan untuk memilih menu makanan untuk makan pagi, siang, dan malam rasanya jelas sekali bahwa makanan bukanlah hal yang selalu bisa kita lihat sebagai hal yang simpel. Terkadang, untuk memutuskan satu menu saja dapat membuang banyak waktu. Cobalah memilih menu yang sama untuk sarapan dan makan siang pada satu minggu, dan 2 pilihan makan malam dalam dua minggu. Apabila kamu merasa bosan, ganti menunya setiap 3 hari sekali sampai terbiasa. Agar tidak terlihat plain, cobalah untuk menyisipkan satu cheat day setiap dua minggu sekali.

Nah, sobat cegah .. yuuk kita mulai untuk hidup minimalis!

Share via
Copy link