Sobat cegah, meski ditengah PPKM Darurat Covid-19, Hari Raya Idul Adha tetap berlangsung dan biasanya membuat kita lupa diri dalam menyantap berbagai menu olahan daging sapi maupun kambing.

Idul Adha identik dengan tradisi makan berbagai olahan daging kurban bersama keluarga. Seperti sate kambing, gulai, tongseng, rendang dan lainnya. Momen bersantap di saat Idul Adha biasanya dapat menyebabkan makan berlebihan. Padahal ancaman kolesterol dan berat badan yang naik sudah di depan mata.

Tapi tenang sobat cegah! Bukan berarti kita tidak dapat mencegah meningkatnya kadar kolesterol dan berat badan saat Idul Adha. Yuuuk simak Tipsnya!

1. Konsumsi Sayur dan Buah
Di hari pertama setelah mengkonsumsi berbagai macam menu daging di Idul Adha adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan nutrisi. Sayur dan buah kaya akan serat yang mempunyai efek untuk menyerap kolesterol jahat. Konsumsilah sayuran dan buah yang bervariasi setiap harinya agar tidak bosan.

2. Kurangi Asupan Makanan yang Mengandung Lemak Tidak Sehat
Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tidak sehat, lemak trans, dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Membatasi asupan makanan cepat saji maupun junk food adalah salah satu caranya. Di samping itu, pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega, lalu pilih juga produk susu yang rendah lemak, serta hindari lemak dari kulit unggas dan daging.

3. Konsumsi Bawang Putih Lebih Banyak
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Bawang putih juga berkontribusi dalam mengencerkan darah yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi risiko jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa di beberapa negara yang mayoritas penduduknya memiliki kebiasaan makan bawang putih setiap hari diketahui mempunyai risiko penyakit jantung yang rendah.

Nah, sobat cegah .. Itulah cara cepat turunkan kolesterol tinggi selepas Idul Adha yang bisa kita terapkan secara singkat! Yuuuk di coba 🙂

 

Share via
Copy link