Pandemi memang masih membuat ruang gerak kita terbatas ya sobat cegah. Banyak rencana-rencana penting yang tertunda entah sampai berapa lama. Namun, di sisi lain, pandemi juga memaksa kita untuk kreatif dalam menemukan solusi agar tetap produktif di tengah keterbatasan. Salah satunya adalah transformasi berbagai aktivitas kehidupan ke ranah digital.

Seharusnya hal ini adalah hal baik, sebab saat ini dunia digital tengah menawarkan berbagai peluang dan kesempatan. Dan anak muda adalah sosok yang tepat untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang kesempatan-kesempatan yang ditawarkan oleh dunia digital. Jadi, meski pandemi memaksa kita lebih banyak di rumah, kita tetap bisa meningkatkan kualitas diri lewat beberapa hal ini. Sehingga saat semua ini membaik, kualitas diri juga akan menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan Skill yang Sudah Dimiliki

Meminimalisir untuk keluar rumah memang terkadang kurang menyenangkan. Namun, setidaknya kamu tidak perlu mengalokasikan waktu untuk bermacet-macetan di perjalanan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersbut untuk upgrade diri, misalnya, kamu yang dulu cuma senang update status-status galau di media sosial, sekarang mulailah untuk update quote-quote galau itu dalam bentuk frame yang memotivasi. Mana tahu menjadi sesuatu yang bermanfaat buat orang lain di luar sana.

2. Belajar Mengontrol Stres

Pada situasi saat ini, bukan hanya kesehatan fisik saja yang terancam, melainkan juga kesehatan mental. Ruang gerak yang terbatas dan kabar-kabar buruk yang seliweran di media bisa membuat kita tertekan. Kalau tidak diatasi dengan baik, hal ini justru akan mengganggu kesehatan mental. Karena itu, di masa ini kita bukan hanya diajak untuk lebih peduli soal kesehatan, melainkan juga mengenali diri dan mengendalikan stres.

Stress management yang baik akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, dengan atau tanpa pandemi. Untuk mengendalikan stres, kamu bisa mencari hiburan misal dengan bermain game online, menonton film maupun mendengarkan musik. Beri waktu untuk dirimu setiap harinya untuk mengakses konten hiburan, misal mendengarkan musik di pagi hari, atau menonton drama seri sebelum tidur.

3. Mencoba Bisnis yang Minim Modal

Meski segala ruang terbatas, namun kalau mengutip kalimat Albert Einstein, imajinasi adalah sesuatu tanpa batas. Jadi, kamu juga bisa mulai berbisnis untuk menambah penghasilan dan bahkan sebagai langkah awal berwirausaha. Sebagai pemula, kamu bisa memilih bisnis yang minim modal. Misalnya bisnis online shop yang menggunakan sistem dropship. Atau camilan-camilan rumahan yang bisa kamu promosikan di sosial media. Nggak ada salahnya, kan, untuk dicoba?

Tetap semangat yah sobat cegah! Ketika semua ini berlalu, semoga kita mampu menjadi pribadi yang lebih dari sebelumnya.

Share via
Copy link