Sobat cegah, salah satu kunci sukses berkarier adalah jangan pernah membiarkan diri diam ditempat. Kita harus punya motivasi dan keyakinan untuk maju. Namun, tak cuma motivasi kita juga harus punya skill untuk memadai. Ini tak hanya didiamkan begitu saja, kita harus mengatur dan meningkatkan kemampuan diri sendiri secara efektif. Upgrade kemampuan atau skill akan membuka kesempatan lebih besar untuk meraih posisi puncak, juga akan menjaga kita terdepak akibat persaingan di kantor.

Intinya, jangan cepat puas dan carilah cara untuk meningkatkan kualitas profesionalisme. Tak ada yang akan menikmati hasilnya selain diri sendiri, kok sobat cegah. Nah, berikut adalah beberapa trik untuk upgrade skill dilansir dari etraining.id:

1. Nilailah diri sendiri

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengawalinya dengan menilai kinerja diri. Penilaian harus obyektif dan realistis. Jika kita merasa kinerja kita belum maksimal, nilailah seperti itu. Ambillah kertas, kemudian tuliskan poin-poin tugas apa saja yang kita hadapi di kantor. Lalu, tanyakan pada diri sendiri, seberapa jauh mampu menangani poin-poin tersebut.

2. Terus belajar

Pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses di mana kita memiliki kesempatan untuk mengikutinya terus menerus. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk menguasai kemampuan profesional. Kerjakan semua tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti aturannya, cari tahu kelebihan dan kelemahan proses yang diikuti, dan seterusnya. Dengan demikian, kita akan mampu menjalankan semua tugas kita dengan baik, saat ini dan di masa datang.

3. Be responsible

Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, kita yang akan menentukan karier. Jadi, bertanggungjawablah dan pastikan bahwa kita mengambil semua peluang untuk meningkatkan skill profesional diri. Jangan lewatkan kesempatan dalam memperoleh tawaran untuk mengikuti training, seminar, atau keanggotaan sebuah asosiasi profesional. Tak perlu ragu untuk ikut dan bergabung karena skill pun akan semakin jaya.

4. Jangan lupakan teknologi

Sobat cegah, istilah ‘segalanya ada dalam genggaman’ adalah sebuah kunci upgrade diri di era digitalisasi ini. Ada banyak sekali situs atau jaringan sosial yang bisa kita buka dan membantu meningkatkan skill diri. Cara paling mudah adalah mencarinya di Google. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook atau Twitter. Yuk sobat cegah, mulailah membuka diri!

5. Ciptakan jaringan

Sisihkan dulu urusan kantor. Kini, saatnya untuk bersosialisasi dan menciptakan jaringan di luar kantor. Kita bisa bergabung dengan komunitas profesional di luar posisi karier, namun bisa meningkatkan kualitas kinerja kita. Contohnya, jika kita seorang akuntan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas bursa. Yakinlah, ilmu dan jaringan yang kita peroleh dan bina di komunitas itu akan sangat membantu karier di kemudian hari.

Jadi, sobat cegah .. yuuuk mulai upgrade diri demi kualitas hidup yang lebih baik!

Share via
Copy link